49 Siswa SMA di Pringsewu Tak Lulus UN

Gambar

TRIBUNNEWS.COM, PRINGSEWU – Sebanyak 49 dari 2.355 siswa peserta Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pringsewu tidak lulus. “Kelulusan SMA  97,9 persen, sebanyak 49 tidak lulus,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata Samsir saat dihubungi Jumat (25/5/2012).

Ia mengungkapkan  siswa yang paling banyak  tidak lulus dari sekolah swasta, yakni SMA Xaverius Pringsewu sebanyak 15 orang. Sedangkan untuk sekolah negeri, SMA N I Pringsewu sebanyak empat orang. Mereka yang tidak lulus ini adalah siswa jurusan IPS.

Sedangkan kelulusan siswa SMK, tambah Samsir, lebih tinggi mencapai 99,9 persen dari 3.011 peserta UN SMK. Hanya satu siswa SMK tidak lulus.Sedangkan  456 siswa MA, menurut Samsir kewenangannya di Departemen Agama (Depag).

Samsir mengungkapkan, bahwa siswa yang tidak  lulus ini masih memiliki kesempatan mengikuti paket C.”Kualitas ijazahnya sama, bisa digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi, dan  kerja. Jadi jangan khawatir,” tukasnya.

Menurut Samsir, ketidak lulusan siswa itu kemungkinan dikarenakan mengerjakan soal UN secara apa adanya.”Kan kita lihat sendiri, pada saat pelaksanaan UN waktu itu tidak ada kunci jawaban yang beredar,” ungkapnya.

Disdikbudpar Pringsewu melarang keras aksi corat-coret baju, konvoi dan kebut-kebutan di jalan bagi para siswa yang merayakan kelulusan SMA/SMK/MA hari ini, Sabtu (26/5). Samsir mengatakan, untuk mengantisipasi tindakan tersebut  sesuai hasil Momerandum of Understanding (MOU) antara Disdikbudpar dengan Polresta Tanggamus, pengumuman kelulusan diberikan kepada wali murid.

Selain itu Samsir menyarankan, ketimbang melakukan aksi corat-coret, konvoi dan kebut-kebutan di jalan raya lebih baik para siswa membudayakan sujud syukur. Sujud syukur dapat dilakukan sesuai dengan keyakinan masing-masing siswa.

Sedangkan untuk pakaian seragam, menurutnya lebih bermanfaat jika disumbangkan ke adik kelas yang tidak mampu dari pada dicorat-coret. Sebelumnya Samsir yakin kelulusan siswa SMA/SMK/MA di Pringsewu lebih dari 90 persen.

“Nilai kesempurnaan 100 persen itu kan hanya milik Allah, kalau diatas 90 persen lulus yakin bisa,” ujarnya. Sementara di Kabupaten Pesawaran seluruh peserta UN SMA/SMK/MA lulus semua.”100 persen lulus,” ungkap plt Kadisdik Pesawaran Yahtar saat dihubungi Jumat

http://www.tribunnews.com/2012/05/25/49-siswa-sma-di-pringsewu-tak-lulus-un

Tinggalkan komentar